Gerakan Pramuka Harus Terus Digalakkan


Gerakan Pramuka sebagai salah satu instrumen yang andal dalam mempersatukan bangsa, harus terus di galakkan, pasalnya gerakan ini telah terbukti mampu membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, serta meningkatkan keterampilan generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan. pernyataan tersebut disampaikan Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim), HM Thoriq Husler saat membuka secara resmi kegiatan Kemah Lomba Pramuka Penegak dan Penggalang (Kelopak Galang) 2011 Se Tanah Luwu, di Bumi Perkemahan (Bumper) Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (15/9) kemarin.
Ia menambahkan, kegiatan Kelopak Galang ini, selain melatih fisik dan mental juga melatih kepemimpinan, menumbuhkan jiwa dan semangat sosial yang tinggi, serta menumbuhkan sportifitas dalam berkompetisi. “Marilah berlomba secara sportif, raih prestasi dengan kemampuan yang dimiliki dengan tetap menjaga kebersamaan” jelas Husler yang juga selaku ketua Kwarcab Lutim Husler juga berharap agar perkemahan Kelopak Galang  ini dapat dijadikan ajang pemersatu pramuka se-Luwu Raya. Selain itu, ia juga menghimbau agar para peserta menumbuhkan kesadaran disiplin, berperilaku hidup sehat dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif dengan menjaga
kebersihan.

Setelah upacara pembukaan berakhir, Wabup Lutim, Thoriq Husler melakukan peninjauan ke lokasi-lokasi tenda peserta. Dalam peninjauan tersebut, Wabup didampingi oleh Dandim 1432 Sawerigading, Letkol Inf Abd Hanis, Para kepala SKPD, Camat Nuha, Amran Aminuddin dan para Pembina pramuka.

Untuk diketahui, kegiatan Kelopak Galang kali ini mengangkat tema “Membangun Kebersamaan dan Semangat Kebangsaan Untuk Negara kesatuan Republik Indonesia” yang diikuti 1.337 peserta pramuka putra dan putri dengan estimasi peserta masing-masing, penggalang SD sebanyak 398 peserta, penggalang SMP berjumlah 759 peserta. Untuk tingkatan penegak, diikuti sebanyak 657 peserta sementara para bina damping yang turut serta dalam kegiatan ini berjumlah 200 orang.

Kegiatan Kelopak Galang ini akan berlangsung Mulai tanggal 14 hingga 18 september mendatang. Rencananya, kegiatan kemah ini akan diisi dengan enam kegiatan pokok yakni Kegiatan Umum, Kegiatan Bakti, Kegiatan Wisata, Kegiatan Seni Budaya, Kegiatan Lomba Tekpram dan terakhir, Kegiatan Lomba Non Tekpram.(is/hr/hms)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar