1.850 Pramuka Karawang Peringati Acara HUT ke 50


KARAWANG (Pos Kota) – Sedikitnya 1.850 anggota Pramuka dari berbagai tingkatan turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Pramuka Tingkat Kab. Karawang, di Kwartir Ranting Cikampek. Upacara HUT dipimpin  langsung Bupati Karawang, H. Ade Swara, Rabu (28/9).
Selain mengikuti upacara peringatan, para anggota pramuka, juga mengikuti kegiatan perkemahan yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT Emas Pramuka, dengan  ratusan tenda pramuka telah didirikan oleh regu pramuka masing-masing sekolah.
Bupati Ade Swara pada kesempatan itu mengatakan,  keberadaan gerakan pramuka merupakan jawaban terhadap berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi oleh generasi bangsa saat ini.
”Pramuka merupakan lembaga pendidikan non formal untuk membentuk karakter, menanamkan semangat kebangsaan serta meningkatkan keterampilan pada diri generasi muda,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, dalam upaya mempersiapkan calon pemimpin bangsa berkepribadian dan memiliki akhlak mulia, harus didukung dengan bekal kompetensi diri yang sanggup mengubah sebagai pembaharu pembangunan bangsa di masa depan.
”Pembentukan karakter yang tangguh, kuat, bersemangat, ulet pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras, bagi generasi muda merupakan hal yang sangat penting dan bahkan dapat menentukan nasib bangsa dan negara di masa depan,” jelasnya.
Untuk itu, Bupati berharap revitalisasi gerakan pramuka di Kabupaten Karawang harus terus dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan seragam pramuka bagi para siswa, guru, dan kepala sekolah setiap hari tertentu. ”Kedudukan dan peranan gerakan pramuka tidak akan bertambah kokoh, bila tanpa dukungan dari orang tua, masyarakat dan pemerintah,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karawang, Hj. Nurlatifah menambahkan Gerakan Pramuka telah menjadi salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan nasional, sehingga semangat revitalisasi Gerakan Pramuka harus terus dijunjung tinggi.
”Selain itu, Pramuka harus siap menghadapi era globalisasi, serta siap menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” pesannya. (nourkinan/dms)
Teks : Bupati Karawang H. Ade Swara, ketika memberikan penghargaan kepada para pembina Gerakan Poramuka Kwartir Cabang Karawang. (nourkinan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar