Pramuka Sebagai Wadah Membangun Etika dan Budi Pekerti


Borong, NTT Online - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya, meminta seluruh kaum muda untuk lebih membina karakter, etika, sopan santun, budi pekerti dan ideologi pancasila yang mulai terkikis. Salah satu wadah untuk membangun karakter dan budi pekerti kaum muda sekarang ini adalah melalui gerakan pramuka. Hal ini menjadi tanggungjawab seluruh pengurus dan anggota pramuka. Segenap pengurus pramuka harus mempunyai rasa tanggungjawab yang besar dan tidak hanya sekedar menyandang jabatan.
Hal itu dikatakan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, melalui sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Manggarai Timur, di Borong, Manggarai Timur.
Gubernur Frans Lebu Raya menambahkan, sikap sopan santun, etika dan budi pekerti yang ada pada kaum muda sekarang ini seperti mengambang, menunjukan ketidakjelasan masa depan kaum muda dan masa depan bangsa ini. Tidak adanya sopan santun dan budi pekerti dikalangan generasi muda saat ini sudah dianggap sebagai hal yang biasa-biasa saja.
“Jika hal ini terus dibiarkan, akan seperti apa masa depan kaum muda dan bangsa ini. Ini menjadi tanggungjawab kita semua. Berilah pendidikan karakter dan budi pekerti pada generasi muda kita. Pada anak-anak kita, pada remaja kita supaya mereka punya etika, sopan santun dan budi pekerti,” tegas Gubernur Lebu Raya.
Melihat dari hal yang sederhana, lanjut Gubernur Lebu Raya, dulu rasa hormat dan penghargaan kaum muda terhadap orang-orang yang lebih tua, pemimpim agama dan pemimpin daerah sangat tinggi. Tapi sekarang sudah berkurang dan bahkan hampir sudah tidak ada lagi. Urusan intelektual memang penting tapi tidak akan berarti apa-apa tanpa etika dan budi pekerti.
“Apakah karakter dan etika seperti ini yang mau dipertahankan? Tidak! Tetaplah beretika, bersopan santun dan berbudi pekerti,” kata Gubernur Lebu Raya.
Menurut Gubernur Lebu Raya, berurusan dengan pembangunan karakter dan budi pekerti kaum muda memang membutuhkan semangat dan kerja keras. Untuk itu, gerakan pramuka harus terus maju untuk membangunnya.
“Saya yakin melalui gerakan pramuka inilah wadah untuk membangun karakter dan budi pekerti kaum muda menuju masa depan generasi muda dan masa depan bangsa yang lebih baik,” ujar Gubernur Lebu Raya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar