Presiden Lepas Kontingen Pramuka untuk Jambore Swedia "Kenalilah Dunia Sekitar Kalian"


Presiden SBY dan Ibu Ani beramah tamah dengan kontingen Pramuka Indonesia untuk Jambore Internasional, di halaman Istana, Jakarta, Jumat (22/7) sore. (foto: abror/presidensby.info)

Jakarta: Kenalilah dunia sekitar dan jalin persahabatan dengan gerakan kepanduan dari negara lain. Itu akan berguna bagi kalian dan gerakan Pramuka kita sendiri. Pesan ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada 190 Pramuka, di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/7) sore. Ke-190 Pramuka ini akan mewakili Indonesia mengikuti Jambore XXII Pramuka se-Dunia di Bumi Perkemahan Rinkaby, Kristianstad, Swedia, pada 27 Juli - 7 Agustus mendatang.

Presiden SBY meminta wakil pramuka Indonesia ini untuk menjadi duta bangsa yang baik. "Tunjukkan bahwa kalian semua adalah anggota Pramuka yang terlatih baik, dididik dengan baik, dipersiapkan dengan baik, dengan demikian memiliki profesionalitas yang tinggi, " Presiden berpesan.

Selain itu, Presiden juga berpesan agar mereka mengenali dunia sekitar, menjalin persahabatan dengan rekannya sesama anggota kepanduan dari negara lain. "Jangan sia-siakan kesempatan itu untuk mengenal mereka semua, untuk mengenal apa saja yang perlu diketahui agar wawasan kalian, cakrawala pengetahuan kalian, informasi kalian bertambah luas," ujar Presiden.

Memperluas jaringan kerja sama dan kemitraan ini akan menjadi modal yang sangat berharga gerakan Pramuka Indonesia dan bangsa.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Kwartir Nasional Pramuka Azrul Azwar melaporkan, di Swedia nanti kontingen Indonesia ini akan mengikuti seluruh kegiatan jambore. Termasuk menampilkan kesenian Indonesia, musik angklung dari Jawa Barat, Tari Saman dari Aceh, Tari Reog dari Jawa Timur, dan seni batik dari Jawa tengah. “Tujuannya adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada 40 ribu peserta dari 160 negara anggota kepanduan," uAzrul Anwar menjelaskan.

Kontingen Indonesia juga akan menggelar Indonesia Day, pada 30 Juli, untuk lebih memperkenalkan organisasi pramuka Indonesia kepada dunia.

Acara pelepasan ini diakhiri dengan ramah tamah Presiden dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono dengan seluruh anggota kontingen. Turut hadir dalam acara ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menpora Andi Alifian Mallarangeng, Mendiknas M Nuh, dan Menkominfo Tifatul Sembiring. (arc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar