Pramuka Dapat Membentuk Karaktrer Kaum Muda


2011-10-03  06:43:59
SAMARINDA- Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak  diharapkan  kepala daerah dapat  mendorong Gerakan Pramuka untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik, sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.
"Meskipun data lengkap tidak dimiliki, namun harus diakui sejak beberapa tahun terakhir ditemukan gejala semakin lunturnya semangat dan rasa kebangsaan di kalangan kaum muda yang dapat dilihat antara lain dari rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa,"jelas  Awang Faroek Ishak dalam Rapat Koordinasi dengan bupati walikota se Kaltim beberapa hari belum lalu di Pendopo Lamin Etam Samarinda.
Awang mengungkapkan, Revitalisasi Gerakan Pramuka, yang merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali Gugus depan sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka, untuk menetapkan eksistensi Gerakan Pramuka, serta untuk meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka.
"Secara berharap, tetapi pasti, citra dan kinerja Gerakan Pramuka tampak makin membaik. Minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka tampak makin meningkat. Bersamaan dengan itu berbagai kegiatan kepramukaan telah semakin banyak dirasakan manfaatnya, khususnya para generasi muda bisa terhindar dari berbagai pengaruh negarif
"jelas Awang.
Menurut Awang, untuk tercapainya visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia pada masa depan, maka berbagai keberhasilan ini tentu harus dapat dipertahankan dan bahkan semakin lebih ditingkatkan.
"Oleh karena itu, hakekat dasar pendidikan kepramukaan adalah meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yakni Satya dan Darma Pramuka oleh seluruh peserta didik, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pemimpin bangsa yang tangguh di masa depan,"jelasnya.
Ditambahkan, dalam kerangka mempersiapkan generasi muda yang seperti ini, maka diperlukan keberadaan dan eksistensi Gerakan Pramuka yang solid.  Maka dari itu, diharapkan dengan tema ini kita semua akan dapat menjaga persatuan dan kesatuan organisasi Gerakan Pramuka. Dapat meningkatkan motivasi dan bakti kita untuk lebih memajukan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya mitra Pemerintah yang tangguh dalam mendidik dan mem-bentuk karakter kaum muda melalui pendidikan kepramukaan, untuk Indonesia yang lebih baik.
"Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh kepala daerah dan  para anggota dewasa Gerakan Pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkem-bangan Gerakan Pramuka.Kepada para Pimpinan Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka di seluruh Kaltim, marilah  bersama-sama berupaya melakukan hal-hal terbaik, demi masa depan kaum muda Indonesia  umumnya dan di Kaltim khususnya agar lebih  baik dari hari kemarin.mar/adv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar